(021) 86611426
info@alhadiriyah.sch.id
Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia
blog-img
29/10/2021

5 alasan mengapa matematika penting untuk masa depan

Admin | Artikel

Oleh : Amiruddin, S.Pd
Guru Matematika SMP Al-Hadiriyah 

Matematika???

Apa yang kalian pikirkan pertama kali mendengar kata matematika? Bosan, membingungkan, angka-angka? Pasti banyak yang berpikir matematika kayak begitu. Tapi sebenarnya matematika itu mengasyikkan jika kamu paham dengan konsepnya.

Nah, berikut ini alasan mengapa matematika penting untuk masa depan. Simak, yuk!

1. Merupakan ratunya ilmu.

Pelajaran matematika merupakan pelajaran paling dasar yang digunakan untuk mempelajari pelajaran-pelajaran lain. Tanpa matematika kalian tidak akan bisa belajar ekonomi, akuntansi, manajemen, atau bahkan pelajaran-pelajaran ipa seperti biologi, kimia, atau fisika.

2. Membuat kita jadi kreatif.

Dalam menyelesaikan soal-soal matematika, ada berbagai macam cara atau penyelesaiannya. Dari berbagai macam cara tersebut, kamu dibebaskan untuk memilih cara mana yang paling efektif. Bahkan kamu boleh membuat cara  Bahkan kamu boleh membuat cara sendiri atau membuat penyelesaian sendiri dengan hasil akhir yang sama. Hal itulah yang akan membuat kamu menjadi seseorang yang lebih kreatif nantinya.

3. Mampu membentuk pola pikir.

Ini alasan kenapa kamu perlu belajar trigonometri, limit, integral, turunan, atau materi-materi lain yang tidak bersinggungan secara langsung dengan kehidupan nyata. Ternyata, meskipun hal tersebut tidak bisa diaplikasikan dalam kehidupan secara langsung, pelajaran matematika mampu membentuk pola pikir manusia. Dengan belajar soal-soal rumit, kamu akan menjadi pribadi yang lebih kritis, disiplin, dan terlatih untuk bisa menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan.

4. Membuat kita jadi berpikir secara sistematis.

Dalam pelajaran matematika pasti mengenal yang namanya tahap-tahap untuk memperoleh tahap akhir. Kamu tidak bisa langsung menemukan jawabannya tanpa berproses terlebih dahulu. Maka, dari sini tentulah dengan belajar matematika akan membuat kamu jadi berpikir sistematis. Kamu akan menyelesaikan berbagai masalah secara global lalu mengerucut sehingga memperoleh hasil yang sesuai.

5. Sangat penting di berbagai lini kehidupan.

Dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya penjumlahan, perkalian, pembagian, dan pengurangan saja matematika digunakan. Banyak juga materi dalam pelajaran matematika yang digunakan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan materi peluang. Kamu bisa memperkirakan keputusan mana yang seharusnya diambil berdasarkan peluang yang ada. Tidak hanya itu, banyak juga materi-materi lain yang bersinggungan secara langsung di berbagai lini kehidupan.

Itulah beberapa alasan kenapa matematika berguna di masa depan. Mulai sekarang yuk tumbuhkan rasa suka pada matematika.

Bagikan Ke:

Kategori

Populer