(021) 86611426
info@alhadiriyah.sch.id
Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia
blog-img
13/05/2020

Gerakan Sholat Bagi Kesehatan

Subhan Salim | Artikel

Oleh: Subhan Salim (Guru PAI SMP/SMK Al-Hadiriyah)

Sholat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan seorang muslim yang sudah baligh. Ketika Allah mewajibkan sesuatu Allah pasti siapkan ganjaran yang besar di akhirat dan Allah siapkan kebaikan di dunia yang sangat bermanfaat bagi manusia. Di balik gerakan sholat bukan sekedar gerakan yang begitu saja tanpa manfaat apapun tetapi terdapat manfaat bagi kesehatan tubuh manusia yang bisa di teliti secara ilmiah.

Berikut adalah gerakan sholat: 

1. Takbiratul ihram

Ketika mengangkat tangan pada saat takbiratul ihram membantu melancarkan aliran darah dan getah bening Yang bertugas menyaring dan membunuh penyakit yang ada dalam darah dan melatih otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Pada saat mengangkat tangan otot bahu meregang sehingga aliran darah yang kaya oksigen menjadi lancar.

2. Bersedekap

Menurut Dr A. Saboe, meletakan telapak tangan di pergelangan tangan kiri merupakan istirahat yang paling sempurna bagi kedua tangan. Hal ini dikarenakan sendi-sendi dan otot-otot kedua tangan dalam posisi istirahat penuh.

3. Ruku' 

Gerakan ruku' bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh Dan pusat otak.  Ketika ruku' posisi jantung sejajar dengan otak, maka darah dapat mengalir secara maksimal pada tubuh bagian tengah.

4. Sujud 

Berdasarkan berbagai penelitian banyak manfaat yang diperoleh ketika sujud. Dinding urat nadi yang berada di otak dilatih untuk biasa menerima aliran darah yang lebih banyak dari biasanya, hal itu di karenakan otak berada di bawah ketika sujud. Aliran darah yang kaya oksigen masuk dalam otak secara maksimal sehingga daya pikir seseorang menjadi lebih jernih serta dapat mengurangi sakit kepala atau migrain.

5. Duduk diantara dua sujud

Gerakan ini dapat menghindari nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitnya tidak mampu berjalan. Duduk ini sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandungan kemih kelenjar kelamin pria dan saluran vas referensi. Jika dilakukan dengan benar postur ini mencegah impotensi.

6. Duduk tasyahud 

Duduk tasyahud awal atau akhir berkaitan dengan berkontraksinya otot-otot daerah perineum. Bagi wanita inilah daerah paling terlindungi karena dapat 3 lubang: liang persenggamahan, dubur untuk mengeluarkan kotoran dan saluran kemih.

7. Salam 

Gerakan sholat yang terakhir ini bermanfaat untuk relaksasi leher, menyempurnakan aliran darah, mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah.

Tidak hanya itu gerakan sholat dapat melenturkan otot saraf, mengaktifkan sistem keringat serta menjadi sistem pemanasan tubuh. Luar biasa manfaat dari sholat bagi kesehatan dan Allah berikan ini bagi orang-orang yang beriman, di akhirat Allah siapkan surga dan isinya di dunia Allah berikan kesehatan agar bisa beribadah, bersyukur atas nikmat yang diberikan.

(Sumber: Agus Susanto. Islam itu sangat ilmiah. Najah: 2012)

Bagikan Ke:

Kategori

Populer