(021) 86611426
info@alhadiriyah.sch.id
Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia
blog-img
05/06/2020

Pilih SMA atau SMK

Subhan Salim | Informasi

Oleh: Napiyah, S.Pd ( Guru bahasa iIndonesia SMP Al-hadiriyah)

Kalian lulusan SMP??? bingung ingin melanjutkan pendidikan di SMA atau SMK, tak usah bingung. 
Yuk… kita cari tahu dulu? Biar ga salah pilih. 

SMA merupakan satuan pendidikan setelah jenjang SMP yang menjadi wadah pengembangan kualitas dan mutu peserta didik yang mengedepankan kemampuan teroritis dengan harapan menjadi seorang lulusan yang idealis ilmu pengetahuan, di SMA ada 3 jurusan yaitu IPA, IPS dan Bahasa. Nah, pendidikan SMA ini merekomendasikan kalian untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Misalnya nanti mau jadi dokter, guru, dll.

Sedangkan, SMK merupakan Sekolah Menengah Kejuruan satuan pendidikan setelah jenjang SMP yang menjadi wadah pengembangan kualitas dan mutu peserta didik yang mengedepankan kemampuan praktik dan dengan harapan menjadi lulusan yang ahli dalam suatu bidang. SMK memiliki jurusan yang lebih banyak dibanding SMA.

SMA menekankan pada hal-hal yang lebih teoritis di banding praktik sehingga mereka lebih unggul dari segi teori, sedangkan SMK lebih unggul dalam penguasaan lapangan karena di dalam kurikulumnya terdapat praktek lapangan, kunjungan kerja dan sebagainya.

Sasaran utama SMA yaitu menjadikan seorang peserta didik sebagai seorang yang disiplin ilmu, sehingga setiap mata pelajaran akan diulas secara detail dan rinci hingga peserta didik benar-benar paham. Ini salah satu perbedaan SMA atau SMK. Selain itu, dari segi jumlah SMA lebih merata dan biaya di SMA juga relatif lebih murah dibandingkan ke SMK. 

Jika Anda masih bingung ingin mencari sekolah SMA atau SMK anda bisa mencari informasi dari sanak saudara Anda agar bisa mendapatkan referensi terbaik. 

Saya sarankan agar Anda lebih memilih sesuai dengan passion Anda. Jika anda ingin melanjutkan sekolah lagi Anda bisa mengambil SMA. Namun, jika Anda ingin melanjutkan bekerja anda bisa melaju ke SMK.

Harapan saya apapun pilihannya, SMA atau SMK semoga kedepannya Anda bisa lebih sukses. 

Bagikan Ke:

Kategori

Populer